Guidance Counseling Community

GCC UM METRO
organisasi Bimbingan Konseling Universitas Muhammadiah Metro.

Selasa, 07 Juni 2011

TES WHO AM I ( SIAPAKAH AKU)


“TES WHO AM I”
Pengertian
Pernahkah kita mengurai sebuah pertanyaan yang sangat mendasar, “ siapa aku? ” sehingga jawaban dari pertanyaan mendasar itu tertuang dalam sebuah konsep yang komplit tentang diri sendiri. Tentu yang bisa menjawabnya adalah diri kita masing-masing. Sangat percuma, kalau kita semua tidak mampu menjawabnya dengan jelas siapakah diri kita.
 Tes who am I merupakan salah satu cara bagi indifidu untuk mengetahui dirinya sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan. Dengan memahami keadaan yang ada dalam diri sendiri, yaitu menyadari akan adanya kekurangan dan kelebihan diharapkan siswa mampu memberikan perlakuian yang sesuai terhadap kondisi tersebut, Jika ada kekurangan tentunya bagaimana siswa tersebut segera mengambil tindakan untuk merubahnya, menutupi segala kelemahan dan kekurangan dengan cara yang tepat.dan jika terdapat kelebihan tentunya bagaimana siswa mengembangkan potensinya itu yaitu bakat, minat dan kecakapan lainya untuk perkembangan masa depan yang lebih baik. Teknik ini terdiri dari sejumlah statement tentang sifat-sifat kepribadian seseorang baik positif maupun negative. Tes ini digunakan agar siswa dapat mengenal dirinya sendiri, untuk selanjutnya dapat melakukan penyesuaian terhadap diri maupun lingkunganya.
Dalam tes who am I, responden diminta menanggapi pernyataan dengan membandingkanya dengan keadaan dirinya.Hasil perbandingan responden diisikan pada kolom jawaban yang terdiri dari tiga pilihan yaitu : (1) sangat cocok dengan diri saya ; (2) agak cocok dengan diri saya; (3) tidak cocok dengan diri saya. Dari tes indifidu ini dapat dibantu untuk lebih mengenal  dirinya sendiri, dengan tujuan agar indifidu mampu menyesuaikan dirinya sendiri.
           

Manfaat dari tes Who Am I ini adalah :
1.    Pembimbing dapat mengetahui sebagiann aspek kepribadian siswa secara garis besarnya, baik kelebihanya maupun kekuranganya.
2.    Memudahkan pembimbing untuk memberikan layanan bimbingan .
3.    Membantu siswa untuk dapat lebih mengenal dirinya sendiri agar mereka dapat melakukan penyesuaian lebih terhadap dirinya maupun terhadap lingkunganya.

Langkah-langkah penyelenggaraan
Persiapan
Konselor    :           1.Mempersiapkan format tes Who Am I.
2.Menyiapkan tempat pelaksanaan.
  Pelaksanaan
            Konselor          :           1. Memperkenalkan teks Who Am I
                                                2. Menjelaskan tentang tujuan dan manfaatnya.
                                                3. Membagikan format tes Who Am I
                                                4. Menjelaskan petunjuk tes Who Am I
                                               5.Siswa mengerjakan tes Who Am I
6. Setelah tes selesai dikerjakan, konselor mengumpulkan hasil pekerjaan siswa tersebut.
  Analisis
Konselor menghitung jumlah skor jawaban siswa dengan memberikan pembobotan atau nilai dari masing-masing jawaban tiap item berdasarkan tabel skor.
Mencocokan jumlah skor dengan patokan interpretasi kepribadian peserta tes berdasarkan tes “WHO AM I”.

Trik-Tips Blog